← Back to portfolio

Money, Glory, Ansu Fati.

Published on



Anssumane "Ansu" Fati Vieira adalah seorang pemain sepak bola kelahiran 31 Oktober 2002 yang bermain sebagai pemain sayap untuk FC Barcelona. Ansu mengawali karir sepakbola-nya di Akademi sepak bola Sevilla, lalu pada usia 6 tahun ia memilih untuk masuk Akademi La Masia milik FC Barcelona. 

Pada 24 Juli 2019, Ansu menandatangani kontrak profesional pertamanya bersama FC Barcelona dengan masa kontrak hingga 2022. Sebulan kemudian atau pada tanggal 25 Agustus, Ia membuat debutnya di tim utama dengan masuk sebagai pemain pengganti Carles Pérez dan mendapati skor kemenangan 5–2 saat menghadapi Real Betis.

Pada tanggal 31 Agustus 2019, Ansu berhasil mencetak gol pertamanya pada pertandingan antara Barcelona melawan Osasuna saat masih berusia 16 tahun. Dan berkat gol tersebut, Ansu berhasil menjadi pencetak gol termuda FC Barcelona sepanjang masa dan mengalahkan Lionel Messi yang saat itu berusia 17 tahun.

Ansu Fati kini digadang-gadang menjadi penerus Lionel Messi, karena diusianya yang masih sangat muda, Ia sudah mampu menjadi ujung tombak Barcelona ketika Barcelona sedang mengalami krisis identitas dan berbagai persoalan internal, termasuk drama kepergian beberapa pemain andalannya seperti Neymar Jr dan Luis Suarez.

Ansu juga dinilai mampu mengobati kepedihan beberapa fans yang merasa sakit hati dengan kepergian Neymar Jr, bahkan kedatangan Ousmane Dembele pun dinilai belum mampu mengobati rasa kehilangan tersebut karena berbagai cedera yang dialaminya. Sehingga para fans menaruh harapan yang sangat besar di pundak pemain berusia 18 tahun tersebut.


Saat ini Ansu sedang mengalami penyembuhan dari cedera lutut serius yang dialaminya ketika Barcelona berhasil menang dengan skor 5-2 ketika menjamu Real Betis di Estadio de Camp Nou. Ansu terpaksa harus operasi dan menjalani masa pemulihan sekitar 4 bulan. (Dita Puspita)