← Back to portfolio

Kebun Binatang Ragunan Masih Menjadi Tujuan Wisata Yang Diminati Oleh Berbagai Kalangan.

Published on

Kebun binatang Ragunan adalah sebuah kawasan wisata keluarga yang berada di daerah Jakarta Selatan. Kawasan yang memiliki luas sekitar ±140 Ha itu memiliki sekitar 2000 ekor satwa dari 200 spesies yang ada di Dunia.

Akses menuju Kebun Binatang Ragunan tidaklah sulit, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi bahkan angkutan umum seperti Kereta, Kopaja, dan juga Busway, selain karena berada di wilayah strategis, karena di depan pintu masuk terdapat halte Busway dan terminal angkutan umum yang menjadi pusat pemberhentian dari berbagai tujuan.

Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp.3.000,- untuk anak-anak dan Rp.4.000,- untuk Dewasa, kita sudah bisa melihat berbagai jenis hewan di dalamnya, mulai dari jenis Unggas, Reptil, Mamalia, hingga Orang utan. Selain itu, dengan mengeluarkan biaya tambahan mulai dari Rp.10.000,- kita juga sudah bisa menikmati berbagai permainan seru di dalamnya seperti bom-bom car, flying fox, hingga roller coaster mini, yang berarti cocok sekali jika didatangi bersama keluarga.

Di akhir pekan, biasanya banyak sekali rombongan keluarga, rombongan anak sekolah, hingga ibu-ibu dari luar daerah yang berwisata ke Kebum Binatang Ragunan. Mereka rela menempuh jarak berkilo-kilo meter untuk menikmati kesejukan di kawasan Kebun Binatang dan juga memberi makan ribuan hewan-hewan dari berbagai macam spesies yang ada. Seluruh kawasan Kebun binatang ditumbuhi oleh tanaman-tanaman hijau dan pohon yang sangat besar, sehingga membuat para pengunjung tidak merasa panas ketika berkeliling di Ragunan. Di depan pintu masuk, kita sudah disajikan oleh pemandangan angsa-angsa yang berenang di kolam buatan, Selain itu juga terdapat kursi-kursi di sekitar kolam untuk pengunjung sekedar beristirahat.

Disamping ingin mengenalkan hewan-hewan kepada anak, biasanya masyarakat pergi ke Ragunan untuk sekedar piknik dan membawa bekal dari rumah, karena di dalamnya banyak sekali pohon-pohon besar yang membuat suasana terasa sejuk dan seperti tidak sedang berada di Ibu kota. Tak hanya rombongan keluarga, para remaja pun masih menikmati wisata di Kebun binatang Ragunan, mereka bisa menyewa sepeda hanya dengan tarif Rp. 25.000,- /Jam untuk berkeliling kebun binatang, selain itu dengan harga yang sama, pengunjung juga bisa naik bus wisata jika lelah berjalan kaki, hingga foto-foto dan memberi makan hewan.

Selain memberi makan hewan yang ada di dalam kandang, disana juga terdapat atraksi hewan-hewan seperti Gajah dan burung unta. Pengunjung juga bisa menaiki gajah untuk sekedar berkeliling kecil sambil berfoto. Tarif yang dikenakan bermacam-macam, mulai dari Rp.10.000,- hingga Rp.35.000,- untuk melihat atraksi hewan-hewan yang ada disana.

Di dalam kawasan kebun binatang Ragunan juga terdapat Pusat primata Schmutzer yang berisi ratusan hewan primata yang hidup seperti di habitat aslinya, Sekitar 25 jenis primata menjadi penghuni Pusat Primata satu-satunya di Jakarta ini. Mulai dari primata asli asal Indonesia seperti Lutung, Owa, Beruk, Orang Utan hingga primata asal Afrika seperti Gorila dan Simpanse, semuanya terawat dan terpelihara dengan baik di pusat primata ini.Pengunjung bisa memasuki kawasan Pusat Primata Schmutzer dengan biaya tambahan sebesar Rp.15.000,- untuk melihat hewan-hewan primata yang terdapat didalamnya.

Selain itu, di dalam Pusat Primata Schmutzer ini juga terdapat Gua yang melewati habitat hewan-hewan tersebut namun dibatasi oleh kaca, sehingga kita bisa merasa lebih dekat dengan mereka namun tidak akan mengganggu kenyamanan mereka. Berbagai sarana pendidikan dan hiburan juga melengkapi Pusat Primata ini. Para pengunjung bisa mengunjungi area-area seperti museum, perpustakaan dan teater kecil yang dapat memberikan banyak informasi. Desain arena yang menarik dapat memberikan kenyamanan untuk setiap pengunjung yang menyempatkan waktu untuk datang ke objek wisata ini.

Di dalam kebun binatang ragunan juga terdapat berbagai macam pedagang makanan, mulai dari Mie ayam, Bakso, Pecel, Nasi padang, hingga makanan seperti ayam goreng dan kentang goreng pun ada, sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir merasa kelaparan ketika berada di dalam kebun binatang.

Kawasan Kebun Binatang Ragunan juga sangat bersih dan rapih, karena setiap hari selalu dibersihkan oleh petugas kebersihan yang ada, seperti menyapu daun-daun yang berguguran, mengecat ulang kandang yang sudah berkarat karena diguyur hujan, serta membuang sampah-sampah yang masih berserakan.

Pusat informasi yang terdapat di dalam kebun binatang ragunan selalu mengingatkan pengunjung untuk menjaga barang bawaan, menjaga kebersihan kebun binatang, hingga meningatkan untuk selalu berdampingan dengan rombongan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan salah satu anggota keluarga.

Dengan harga ekonomis, pengunjung sudah bisa mendapatkan pengalaman menyenangkan serta pengetahuan tentang berbagai macam hewan yang ada di dunia dan juga membuat keluarga tersenyum manis. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo ke Ragunan! (Dita Puspita)

0 Comments Add a Comment?

Add a comment
You can use markdown for links, quotes, bold, italics and lists. View a guide to Markdown
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply. You will need to verify your email to approve this comment. All comments are subject to moderation.